Pasukan Abu Sayyaf Terkepung, 3 Militan Tertangkap

Pasukan Abu Sayyaf Terkepung, 3 Militan TertangkapPasukan militer mengepung tempat persembunyian Abu Sayyaf @mirror.co.uk

Militer Filipina terus menekan kelompok militan Abu Sayyaf. Laporan terkini, tentara Filipina mengepung lebih dari 60 pasukan bersenjata di Tipo-Tipo, Basilan menyusul serangan berdarah yang menewaskan 18 tentara Filipina dan melukai 56 lainnya pekan lalu.

Juru bicara militer Filipina, Mayor Filemon Tan Jr mengatakan tentara dari Pasukan Khusus Angkatan Darat, Rangers dan Light Reaction Company (LRC) siap menyerang kelompok Abu Sayyaf yang kini bersembunyi di hutan Tipo-Tipo.

"Pasukan kami diposisikan di daerah taktis untuk membatasi ruang gerak Abu Sayyaf," kata Tan.

Tan mengatakan telah menempatkan pasukan tambahan sebagai antisipasi bila bantuan diperlukan. Menurutnya, saat ini 60 militan yang terpojok itu dipimpin oleh Isnilon Hapilon dan Furuji Indama.

Indama sendiri dilaporkan terluka dan kritis setelah bertempur dengan pasukan pemerintah.

"Operasi masih terus dilanjutkan tanpa ada pembiaran terhadap sisa kelompok penyandera. Hasilnya, saat ini kami berhasil menangkap tiga anggota Abu Sayyaf di wilayah operasional," ujar Tan.

Sementara jumlah militan yang tewas di tangan pasukan pemerintah Filipina hingga kini mencapai 24 orang.

Namun demikian, Tan menolak menjabarkan identitas militan yang tertangkap sebab akan dilakukan pemeriksaan lanjutan.

"Saat ini, kontak senjata berjalan secara sporadis tanpa korban dari pihak kami. Namun, kami harus hati-hati karena sisa anggota dikabarkan sudah dalam posisi bertahan," ungkapnya. Demikian dilansir dari Asiaone, Rabu (13/4).

Nay