Warung Tarik Rp 20 Juta ke Turis Akhirnya Ditutup

Warung Tarik Rp 20 Juta ke Turis Akhirnya DitutupIlustrasi @thermea.ca
Masih ingat dengan insiden sebuah restoran di China yang 'merampok' turis lokal beberapa waktu lalu? Restoran di kota Harbin, Heilongjiang tersebut sebelumnya memberikan tagihan makan kepada pengunjung dengan nominal mencapai Rp 20 juta.

Dari menu yang dipesan oleh segerombolan turis ini, disebutkan bahwa Rp 12 juta dari total tagihan itu adalah berasal dari sebuah menu khusus, ikan Kaluga Surgeon yang langka.

Terkait kasus ini, pemerintah setempat akhirnya menutup restoran yang menjual menu ikan dengan harga tak masuk akal tersebut. Hal ini dilakukan juga karena izin restoran tersebut sudah kadaluarsa.

Saat insiden, turis lokal yang mendapat tagihan sebanyak itu pun tak terima hingga menimbulkan keributan dengan pihak restoran. Kepolisian setempat saat itu juga langsung melakukan penyelidikan.

Mereka menemukan bahwa izin buka restoran tersebut sudah memasuki masa kadaluwarsa namun tetap beroperasi dengan nama yang baru.

Dinas pariwisata setempat kemudian meminta maaf terdahap masyarakat dan segera menutup restoran yang bersangkutan karena beroperasi tanpa izin.

[Baca: Warung Tipu-tipu, Pelancong Disuruh Bayar Makan Rp 20 Juta]
mks