ReFlex, Prototipe Smartphone Lipat di Masa Depan

ReFlex, Prototipe Smartphone Lipat di Masa DepanPrototipe smartphone lipat ReFlex @youtube.com
Kabar mengenai teknologi smartphone lipat memang sudah bergulir sejak beberapa tahun terakhir. Kini telah hadir prototipe smartphone lipat bernama ReFlex mengombinasikan layar FOLED 6 inci beresolusi HD 720p dan multitouch.

ReFlex menggunakan layar fleksibel untuk memulai menggunakan fitur tertentu. Misalnya, sambil menekan sisi kanan layar, halaman online akan membolak-balik dari kanan ke kiri seperti yang terlihat atau terasa seperti membalik halaman buku.

Perangkat yang telah diresmikan oleh Queens University Human Media Lab, Kanada ini menjalankan sistem operasi Android 4.4 pra-instal. Layar smartphone ini berpegang pada hukum-hukum fisika. Contohnya, semakin tertekuk layar, maka semakin cepat pula halaman yang terbalik.

Dalam sebuah video, terlihat pula bahwa smartphone lipat ini bisa digunakan untuk kemampuan bermain game, seperti pada Angry Birds di mana ketapel akan tertarik ketika pengguna menekuk layar.

Pihak yang terlibat dalam pembuatan perangkat canggih ini mengatakan jika setidaknya membutuhkan waktu lima tahun pengembangan sebelum akhirnya benar-benar dirilis ke publik. ReFlex telah diperkenalkan pada acara bertema 'interaksi antara manusia dan komputer' di Belanda pada Kamis (18/2) kemarin.
mks