Di India, Lampu Solar Digunakan Charger Ponsel

Di India, Lampu Solar Digunakan Charger PonselLampu solar, Pollinate Energy di India @vimeo.com
Di India, produksi lampu bertenaga solar kini semakin populer. Lampu yang diproduksi oleh Pollinate Energy, Australia itu bahkan telah terjual 7.000 buah. Melihat hal itu, pihak perusahaan berencana memperluas jaringan ke dua kota lain di India.

Salah satu alasan lampu bertenaga solar itu populer adalah karena sekaligus bisa digunakan untuk mengisi baterai ponsel.

Kat Kimmorley, pendiri Pollinate Energy mengatakan, "Kami menemukan bahwa harga charger handphone tenaga matahari ternyata dua kali lebih mahal dibandingkan lampu solar."

"Jadi sekarang lampu ini tidak saja membuat penerangan di dalam rumah namun juga bisa untuk membantu kebutuhan sehari-hari dalam berkomunikasi. Jadi mereka bisa memiliki HP (handphone) dan juga bisa dicharge di rumah sendiri," tambahnya.

Tingkat penggunaan ponsel di India sangat tinggi, bahkan dibandingkan dengan toilet, jumlah ponsel jauh lebih banyak. Penggunaan lampu solar ini dikatakan oleh perusahaan akan bisa populer seperti peredaran ponsel.

Kimmorley juga mengatakan, "Bangalore, kota pertama yang kami masuki, adalah kota di India pertama yang memiliki jaringan listrik 100 tahun lalu, namun di Bangalore sekarang baru 70-80 persen yang terjangkau listrik."

Ia menambahkan, "Sementara telepon genggam baru muncul di Bangalore di pertengahan tahun 1980-an, dan dalam waktu 20 tahun sudah 95 persen penduduk memilikinya."

"Kami memperkirakan memasarkan lampu seperti lampu solar ini, dan bukannya jaringan kabel seperti biasanya, akan juga lebih mudah. Kalau kami bisa mendistribusikan lampu ini ke masyarakat, saya kira tingkat kepemilikan akan sama tingginya dengan kepemilikan handphone," tutupnya.
mks