Pendeta Hindu India: Perempuan ke Kuil Rentan Diperkosa

Pendeta Hindu India: Perempuan ke Kuil Rentan DiperkosaPendeta Shankaracharya @reuters.com

Pemuka agama Hindu yang tersohor di India, Shankaracharya Swaroopanand Saraswati, menuai kontroversi setelah mengatakan perempuan yang datang ke kuil justru rentan menjadi korban pemerkosaan.

Pendeta berusia 94 tahun itu mengungkapkan hal tersebut setelah Pengadilan Tinggi Maharashtra memutuskan perempuan boleh menginjakkan kakinya ke Candi Shani Shingnapur. Candi Shani ini sudah 400 tahun terakhir tidak pernah dikunjungi perempuan.

"Jika perempuan berdoa di Kuil Shani, akibatnya justru buruk buat mereka sendiri. Perempuan itu bisa terkena nasib buruk atau tertimpa kejahatan seperti pemerkosaan," ujar pendeta Shankaracharya yang menolak putusan pengadilan karena menodai kesucian candi tersebut.

Ucapannya tersebut menjadi blunder dan mendapat kecaman dari aktivis perempuan maupun warga biasa.

"Kata-kata Shankaracharya adalah bukti perempuan India harus terus merebut haknya," kata Jagmati Sangwan, Ketua Koalisi Perempuan Demokratik India (AIDWA), dilansir dari India Today, Senin (11/4).

Sebelumnya, Shankaracharya juga pernah menjadi perhatian setelah meminta para pengikutnya untuk mendiskriminasi pengikut Sai Baba. Sebab, gara-gara mengikuti ajaran Sai Baba terjadi kekeringan parah sepanjang tahun 2015.

Nay