Narkoba 9 Ton Disita dari Terowongan Kartel Meksiko

Narkoba 9 Ton Disita dari Terowongan Kartel MeksikoPintu masuk terowongan bandar narkoba di Meksiko @reuters.com

Aparat intelijen AS menemukan terowongan sepanjang 1 kilometer di perbatasan California-Meksiko. Terowongan dijadikan tempat penyimpanan, penyaluran, dan perdagangan narkoba.

Dari dalam terowongan itu, petugas menyita 2 ton kokain dan 7 ton ganja senilai hampir US$ 22 juta atau Rp 289, 7 miliar.

"Itu adalah terowongan lintas perbatasan terpanjang yang pernah ditemukan," demikian pernyataan kantor Kejaksaan, dilansir dari Reuters, Jumat (22/4).

narkoba-terowongan

Hulu terowongan itu berada di sebuah rumah di Tijuana, Meksiko, dan berakhir di lingkungan Otay Mesa dekat San Diego, Amerika Serikat.

Petugas mendapati pemandangan yang mencengangkan. Bandar narkoba melengkapi terowongan itu dengan sistem ventilasi, lampu, bahkan lift besar yang mengarah ke sebuah lemari di rumah di Tijuana.

narkoba-terowongan

"Tampak di permukaan, sulit untuk menduga bahwa pedagang memindahkan multiton kokain dan ganja senilai puluhan juta dolar melalui lubang kelinci di tanah," kata jaksa Laura Duffy.

Dari pengungkapan terowongan ini, enam orang ditangkap di San Diego dan dijerat dengan perdagangan obat-obatan terlarang.

Nay