Duh! UN Online Koneksi Telkom Lemot, Siswa Ujian Pakai Modem

Duh! UN Online Koneksi Telkom Lemot, Siswa Ujian Pakai ModemUN berbasis komputer @kompas.com

Pelaksanaan Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK) di SMK Negeri 1 Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, Selasa (5/4) mengalami kendala di jaringan internet. Alhasil, para siswa mengikuti ujian dengan mengandalkan modem.

Modem itu ditempatkan di depan pengawas dan digunakan siswa satu kelas. Namun karena jumlah pemakainya banyak menyebabkan koneksi menjadi lambat tidak stabil.

Di SMK 1 ini, sekitar 537 siswa melakukan ujian berbasis komputer dalam 3 gelombang pada hari yang sama, yaitu pukul 08.00-10.00 Wita, 11.00-13.00 Wita dan 14.00-16.00 Wita.

Kendati koneksi internet lambat, peserta UN mampu menyelesaikan 50 soal ujian yang diujikan melalui layar komputer masing-masing peserta.

"Karena digunakan secara beramai-ramai jaringan modem jelas lambat, tapi kita bersykur meski lambat para siswa tetap bisa menyelesaikan soal-soal UN dengan waktu yang tersedia," ujar peserta ujian online Andi Rifky.

Sekretaris Daerah Sulsel, Abdul Latif, di lokasi mengatakan sebelumnya pihak Telkom sudah menyatakan kesediannya untuk memfasilitasi pelaksanaan UN dengan menyediakan perangkat internet.

Abdul berjanji akan berkoordinasi dengan pihak Telkom terkait lambatnya jaringan internet saat pelaksanaan UN berlangsung.

"Kita akan koordinasikan dengan pihak Telkom kembali terkait jaringan internet yang lelet saat ujian berlangsung," ujar Abdul. Demikian dilansir dari Kompas.

Nay