Microsoft Holoportation Perlihatkan Lawan Bicara Secara 3D

Microsoft Holoportation Perlihatkan Lawan Bicara Secara 3DMicrosoft Holoportation @youtube.com
Microsoft Researchs Interactive 3D Technologies memperkenalkan sebuah proyek bernama Holoportation yang memungkinkan seseorang bisa berinteraksi secara 3D realtime dengan seseorang di jarak yang jauh.

Perusahaan mengembangkan Holoportation ini menggunakan sebuah headset virtual reality, HoloLens. Teknologi ini mempunyai pengaturan spesial kamera rig agar pengguna melihat, mendengar, dan berinteraksi dengan orang di jarak jauh seperti hadir di depan mereka.

Holoportation nantinya akan mirip dengan teknologi yang ada di film legendaris Star Wars, di mana orang-orang mampu berkomunikasi menggunakan hologram 3D seolah lawan bicara berada satu ruangan.

Microsoft sejauh ini belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai apa saja yang diperlukan rig kamera, namun sudah bisa menangkap bagaimana seseorang bergerak dalam lingkungan mereka.

Perlu diketahui jika Holoportation tidak akan menghadirkan rasa, aroma, maupun sentuhan fisik lawan bicara. Selain itu, orang yang muncul dalam bentuk 3D juga akan mengambang atau berdiri di atas meja atau permukaan apapun karena menggunakan teknologi hologram.

Lihat video demonstrasinya di atas!
mks