Beredar Video Apel Dilapisi Lilin, Ini Penjelasannya!

Beredar Video Apel Dilapisi Lilin, Ini Penjelasannya!Apel berlapis lilin @facebook.com
Netizen Facebook di hebohkan dengan video pembuktian bahwa apel yang dijual di supermarket telah dilapisi dengan lilin agar terlihat tetap segar.

Video yang diunggah oleh akun Ambosakadulah Tatow ini memperlihatkan apel merah disulutkan ke api kemudian dikerik dengan pisau. Saat itulah terlihat putih-putih yang terkelupas dari kulit apel dan diyakini sebagai pengawet buah berbahan lilin.

Ternyata secara alami buah mengeluarkan lapisan lilin atau wax untuk melapisi permukaan kulitnya yang bermanfaat sebagai pelindung dan menjaga kesegaran dari buah itu sendiri.

Namun lilin alami ini akan hilang pada saat buah dipanen dan dicuci oleh petani. Untuk melindungi buah dan menjaga kesegaran buah, pengusaha biasanya melapisi kembali buah tersebut dengan wax atau lilin buatan.

Dikutip dari Go Ask Alice, Food and Drug Administration (FDA) Amerika mengatakan bahwa lapisan lilin yang banyak dipakai pada buah-buahan berasal dari bahan alami (non petroleum-based) dan aman dipakai untuk semua jenis makanan.

Hal ini dilakukan untuk melindungi buah dari kerusahan selama pengiriman, penyimpanan, penjualan, memperbaiki penampilan dan meningkatkan selera, menjaga kelembaban buah, mencegah tumbuhnya jamur serta menjaga buah tersebut dari benturan fisik.

Sementara untuk mengetahui apakah suatu bahan makanan mengandung wax atau tidak, Anda bisa cari tulisan pada kemasan berupa 'Coated with food-grade vegetable-, petroleum-, beeswax-, atau shellac- based wax atau resin to maintain freshness'.

FDA juga menjelaskan bahwa wax jenis food grade (khusus untuk makanan) terbuat dari madu atau yang terbuat dari tanaman dan bersifat indigestible atau tidak dapat hancur oleh enzim pencernaan dan tidak dapat diserap oleh tubuh tapi aman apabila termakan oleh manusia.

Jika Anda khawatir mengonsumsi buah-buahan yang mengandung lilin ini, Ada 3 cara agar Anda dapat mengonsumsinya secara aman:

1. Cuci buah terlebih dahulu sebelum dihidangkan tapi jangan cuci jika akan disimpan karena akan cepat rusak.

2. Karena wax adalah lemak, maka cucilah menggunakan air hangat agar wax dapat cepat larut dalam air atau gunakan cairan khusus untuk mencuci sayur dan buah.

3. Jika Anda masih ragu, sebaiknya konsumsi buah yang sudah dikupas karena wax tidak akan dapat menembus hingga ke daging buah.

Berikut video yang memperlihatkan salah satu buah yang kulitnya telah dilapisi dengan lilin:

gak nyangka juga.awalnya gak percaya tapi aku buktikan sendiri ternyata benar .

Posted by Ambosakadulah Tatow on Monday, February 29, 2016
De