Intelijen: Kim Jong Un Bisa Dilengserkan Dalam Waktu Dekat

Intelijen: Kim Jong Un Bisa Dilengserkan Dalam Waktu DekatKim Jong Un @asiaone.com

Sebuah laporan intelijen dari Seoul mengatakan dalam waktu dekat pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bakal dilengserkan. Jong Un dianggap menghabiskan banyak anggaran negara untuk kepentingan militer.

Lebih lanjut, pemimpin muda itu juga akan dilengserkan oleh anggota militer senior jika tidak mampu mengatasi masalah perekonomian di Pyongyang.

Laporan mengejutkan ini dilaporkan oleh pemerintah Korea Selatan Yonhap New Agency.

"Stabilitas rezim Kim dan hubungan dengan pihak militer bergantung pada pertumbuhan ekonomi negara dan belanja militer," bunyi laporan itu.

"Dalam hal kegagalan ekonomi, peralihan rezim Kim bisa muncul saat militer menuntut peralihan dalam hubungan partai - militer atau menyerukan sebuah sistem baru yang berpusat pada militer."

Disebutkan pula jika saat ini militer memiliki kekuatan lebih besar dibanding Partai Buruh di beberapa daerah.

Kabar ini hanya beberapa hari setelah Kim Jong Un menantang Barat dengan mengungkap rencana untuk meluncurkan lebih banyak satelit.

Pada upacara kenegaraan beberapa hari lalu, Kim Jong Un mengatakan, "Eksplorasi ruang, sebuah perjuangan kelas melawan kekuatan musuh yang berusaha merebut kedamaian dan kedaulatan. Kemajuan menguasai ruang adalah tujuan strategis Korea Utara."

Para ilmuwan yang terlibat dalam peluncuran roket pada 7 Februari 2016 diberi gelar patriot terbaik yang mengharumkan bangsa Korea Utara.

Nay