Bocah Keracunan Susu Kemasan Berisi Benda Mirip Kaki Katak

Bocah Keracunan Susu Kemasan Berisi Benda Mirip Kaki KatakRini Tresna Sari@kompas.com

Seorang ibu bernama Rini Tresna Sari mendatangi BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen) Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (22/2). Wanita 46 tahun ini mengadukan perihal keracunan yang dialami anaknya usai minum susu kemasan berisi benda mirip kaki katak dalam susu kemasan tersebut.

"Waktu itu anak saya sedang makan siang sambil sesekali disela dengan minum susu. Anak saya kemudian bilang kalau susunya masih banyak namun airnya sedikit. Setelah kemasannya digoyang-goyang ternyata seperti ada benda di dalamnya. Lalu kemasannya dibuka, nampak seperti benda menyerupai daging ayam yang lebih mirip dengan kaki katak," paparnya.

Akibat meminum susu kemasan itu, anaknya, A (7) didiagnosa dokter mengalami keracunan dan harus dirawat di rumah sakit. Rini yang sempat mencicipi susu itu satu tetes mengaku merasakan efek tak biasa. Mulutnya merasa gatal.

"Sekitar 10 menit terasa gatal. Saya lihat anak saya, bibirnya tebal dan gusinya bengkak. Kemudian anak saya demam dan batuk-batuk. Tapi tidak langsung saya bawa ke rumah sakit karena kalau dokter kan tunggu gejala klinis dulu. Pada malamnya, badan anak saya merah," ujar Rini.

Pihak BBPOM (Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan) Kota Bandung sudah mengutus petugas guna melakukan pemeriksaan terhadap pabrik yang memproduksi susu kemasan berisi benda mirip kaki katak tersebut.

Dari hasil penyelidikan awal, BPPOM tidak menemukan adanya kejanggalan dalam proses produksinya. BPPOM sendiri tidak bisa memastikan benda yang ditemukan Rini sebab tidak memiliki sampel yang menyerupai kaki katak itu.

Nay