Awas! Kacamata Hitam Murahan Bikin Penglihatan Kabur

Awas! Kacamata Hitam Murahan Bikin Penglihatan KaburIlustrasi memakai kacamata hitam @dailymail.co.uk
Saat ini penggunaan kacamata hitam tidak semata untuk menghindari panas terik matahari, namun untuk menunjang gaya atau penampilan agar terlihat ganteng, cantik, trendy dan keren.

Hal ini akhirnya membuat banyak produsen membuat kacamata hitam melebihi kapasitas dengan harga semurah-murahnya. Sayangnya, demi mendapatkan keuntungan para produsen ini kerap kali membuat kacamata hitam dengan bahan baku yang tak kalah murah.

Mereka tidak menggunakan lensa kaca (glasses), akan tetapi dengan menggunakan plastik yang diolah sedemikian rupa, sehingga menyerupai kaca. Padahal hal ini dapat memicu terjadinya masalah kesehatan yang bagi konsumen.

Sebuah riset yang dilakukan sebuah lembaga perlindungan konsumen di Inggris menemukan pemakaian kaca mata hitam yang harganya murah ternyata dapat menyebabkan astigmatisme atau penglihatab kabur dan sakit kepala.

Hal ini disebabkan kebanyakan kacamata hitam murah tersebut tidak mengikuti standar kesehatan tes laboratorium untuk sebuah kacamata hitam yang menghalau sinar matahari.

Berdasarkan hasil pengecekan, beberapa kaca mata hitam ini bisa mengakibatkan efek cahaya lentur dan dapat menyebabkan penglihatan ganda yang bisa memicu sakit kepala pada beberapa penggunanya.

"Meskipun masalah ini tidak akan menyebabkan kerusakan penglihatan jangka panjang, namun akan tetap timbul rasa tidak nyaman, karena kaca mata tersebut tidak memenuhi standar untuk dipakai," kata Joanna Pearl ahli kesehatan Inggris.

Jadi ingat, jika Anda ingin membeli sunglass atau kacamata penghalau sinar matahari, pilihlah jenis lensa yang sudah dilapisi dengan UVA dan UVB serta meminimalisasi 60-90% cahaya yang masuk tergantung dari kebutuhan. Bagi Anda yang akan berlibur ke pantai, pilihlah yang berwarna cukup gelap.
De