Cara Menghemat Kuota Internet Smartphone

Cara Menghemat Kuota Internet SmartphonePemakaian internet di smartphone @androidcentral.com
Memiliki smartphone tanpa adanya koneksi internet adalah hal yang konyol karena smartphone dirancang untuk memberikan pengalaman luar biasa kepada pengguna jika terhubung ke internet.

Namun, pengalaman internetan di smartphone terkadang membuat pengguna geram lantaran kuota internet cepat habis, berbeda jika mereka mengaksesnya di komputer.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal yang tidak ditemui di komputer, salah satu yang paling berpengaruh adalah background data dari aplikasi yang terpasang pada smartphone.

Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang mengeluh kehabisan data internet dengan cepat. Tenang saja, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kuota internet cepat habis, dilansir Cheat Sheet.

1. Periksa aplikasi

Aplikasi yang terpasang pada smartphone tetap bisa menyerap data meski tidak sedang digunakan. Oleh karena itu sebaiknya Anda memeriksa aplikasi dan memilahnya kemudian menghapus yang tidak terlalu digunakan.

Pada penelitian sebelumnya, dua aplikasi paling boros dalam menggunakan data internet pada latar belakang (background data) adalah Facebook Messenger dan Gmail.

2. Matikan Sinkronisasi Penyimpanan Online

Setiap smartphone pasti menawarkan penyimpanan online atau cloud secara otomatis agar data yang tersimpan pada perangkat tersebut tidak mudah hilang. Hal ini memungkinkan pengguna masih memiliki data yang tersimpan secara online ketika data yang asli pada perangkat terhapus.

Namun, jika Anda berniat menghemat kuota internet, jangan pernah mengaktifkan mode ini karena setiap data yang terunggah pada penyimpanan online akan memakan kuota internet.

3. Matikan Autoplay di Media Sosial

Fitur autoplay memang bisa memudahkan setiap pengguna media sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram dalam melihat video yang ada di platform tersebut. Namun tidak sedikit pula mereka yang mengeluh karena kuota internet habis gara-gara fitur tersebut memutar video yang tak ingin mereka lihat.

Oleh karena itulah, matikan fitur autoplay tersebut pada masing-masing media sosial agar penggunaan kuota internet Anda tetap stabil dan menghindari terputarnya video yang tidak ingin Anda lihat secara otomatis.

4. Aktifkan WiFi Otomatis

Meski sebenarnya kebanyakan WiFi di Indonesia masih menggunakan password, tidak ada salahnya Anda selalu mengaktifkan WiFi secara otomatis. Hal ini tentu akan membuat kuota internet Anda hemat ketika tanpa sadar langsung terhubung ke WiFi yang tidak memiliki password.

Sayangnya ada beberapa kelemahan yang bisa ditimbulkan dari cara yang satu ini, salah satunya adalah baterai cepat habis.

5. Matikan Data Seluler ketika Terhubung WiFi

Perlu diketahui jika pada beberapa smartphone, data yang digunakan akan beralih secara otomatis dari WiFi ke Data Seluler ketika sinyal di WiFi tersebut down.

Jika Anda tak ingin menyesal karena ternyata menggunakan Data Seluler saat terhubung WiFi, sebaiknya matikan Data Seluler terlebih dahulu. Hal ini akan membuat Anda tetap terhubung dengan WiFi meskipun koneksi WiFi dalam kondisi tidak baik.
mks