Cara Tepat Menyeduh Teh

Cara Tepat Menyeduh TehIlustrasi menyeduh teh @professionalcourtesyllc.com
Menyeduh teh dengan cara yang sangat umum dikalangan masyarakat Indonesia yaitu menyeduh dengan air yang masih mendidih dan didiamkan dalam waktu yang lama atau membiarkan daun teh atau teh celup di dalam teko seharian hingga teh habis adalah cara yang salah.

Dilansir dari www.dailymail.co.uk, ternyata teh seharusnya diseduh dengan air panas yang suhunya di bawah 100 derajat Celcius. Penyeduhannya pun tidak boleh terlalu lama, rata-rata hanya 2-3 menit per sajian. Sebab jika teh terlalu lama tidak diangkat, maka daun teh dapat mengeluarkan zat-zat yang kurang baik.

Sementara dari laman www.bbc.com menyebutkan bahwa, teh yang terlalu lama diseduh menyebabkan kafein yang keluar dari serbuk teh semakin banyak. Dimana proses pengeluaran kafein itu akan semakin menumpuk dalam minuman akhir yang terlalu lama diseduh.

Sebagai contoh, teh yang diseduh selama 5 menit kafein yang keluar akan semakin banyak dibanding teh yang diseduh 3 menit.

Dalam kasus ini kafein bertindak sebagai stimulan ke jantung dan juga sistem saraf pusat, bahkan dapat meningkatkan tekanan darah dalam jangka pendek sehingga bisa mengganggu kesehatan pada orang dengan hipertensi.

Jadi mulai sekarang perlu Anda ingat adalah jangan menyeduh teh dengan suhu air lebih dari 100 derajat celcius. Sementara untuk jangka waktu seduhnya, teh putih berkisar antara 5-10 menit, sementara untuk teh hijau dan teh hitam cukup 2-3 menit saja.
De