Tahun Ini, Setiap Anak Wajib Punya KTP

Tahun Ini, Setiap Anak Wajib Punya KTPKartu Identitas Anak (KIA) @kaltim.prokal.co
Mulai tahun 2016 ini, pemerintah mewajibkan anak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) berupa Kartu Identitas Anak (KIA). "KIA adalah identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari tujuh belas tahun dan belum menikah," demikian ujar Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

Peraturan yang berlaku sejak 19 Januari 2016 ini dimuat dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 perihal Kartu Identitas Anak. Kartu itu akan diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota.

Seperti yang tertulis dalam Pasal 2 peraturan tersebut, penerbitan KIA bertujuan meningkatkan pendataan, perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

Lebih detil Tjahjo menjelaskan jika KIA nantinya akan dibagi dalam dua kategori, yakni KIA untuk anak usia di bawah 5 tahun dan untuk anak umur 5-17 tahun. Penerbitan KIA dilakukan bersamaan dengan penerbitan akte kelahiran.

Bagi anak yang belum berusia 5 tahun dan belum punya KIA, persyaratan membuatnya adalah salinan kutipan akte kelahiran dan menunjukkan kutipan akte kelahiran yang asli. Juga Kartu Keluarga (KK) dan KTP asli orang tua atau wali.

Lebih lanjut untuk anak yang berusia 5-17 tahun yang belum punya KIA persyaratannya sama dengan anak usia 5 tahun yang belum punya KIA. Namun ada tambahan, yakni pas foto anak berwarna ukuran 2 x 3 sebanyak 2 lembar.

mks