Anak Hilang 20 Tahun Ditemukan Berkat Facebook

Anak Hilang 20 Tahun Ditemukan Berkat FacebookIlustrasi @merdeka.com
Margaretta Evans, nama seorang ibu yang 20 tahun lalu mulai kehilangan anaknya, Jason yang berusia 18 tahun kala itu. Jason hilang setelah mengatakan pada ibunya jika ia ingin mengikuti tur musim panas dari Grateful Dead, yang merupakan band rock asal Amerika Serikat. Sejak jason pergi, ibunya tak pernah lagi melihat putranya tersebut.

Setidaknya hingga Januari lalu, Evans yang sudah berusia 63 tahun tak pernah tau apa yang terjadi pada anaknya. Pada Januari itu Evans menemukan sebuah halaman Facebook yang didedikasikan untuk bermacam kasus yang tidak terpecahkan, yang dibuat oleh detektif amatir di internet.

Evans menulis pada sebuah situs yang disediakan bagi orang-orang yang merasa terbantu, "Ya ampun, dia anakku, Jason Callahan dari Carolina Selatan."

Ternyata, pada 20 tahun yang lalu Jason mengalami kecelakaan mobil di Virginia. Saat itu tidak ada yang bisa mengidentifikasi Jason.

"Saya telah mencari dia selama ini dan tak pernah menemukannya. Hari ini, anak saya yang lain melihat halaman Facebook ini, dan setelah bertahun-tahun menunggu Jason untuk pulang atau sekedar memberi kabar..." tulisnya.

Akhirnya Evans tahu apa yang terjadi pada anaknya setelah dalam dua dekade menghilang.

Detektif amatir di internet ini berdiri lebih lama dari apa yang terjadi pada Evans.

Belakangan ini sukarelawan yang melakukan penyelidikan melalui internet semakin diakui dan dihargai. Bahkan para ahli menganggap jika sangat memungkinkan apa yang dilakukan detektif amatir tersebut dapat membantu pihak yang berwajib dengan lebih baik.

Dalam sebuah grup pendidikan mengenai forensik di Inggris, telah membuat rencana mengadakan kelas online mengenai cara menyelesaikan sebuah kasus. Tidak jarang diucapkan oleh sejumlah pihak kepolisian di beberapa daerah bahwa mereka banyak yang dapat membantu dan menemukan petunjuk untuk memecahkan sebuah kasus.

Pemilik dari websleuth.com, Tricia Griffith mengatakan, "Sebagian dari pihak kepolisian sangat menghargai bantuan yang dapat kami berikan. Sementara beberapa yang lain membenci kami."

"tapi satu hal yang pasti, mereka membaca forum para detektif di internet," tambahnya. Dikutip dari Washingtonpost.
Websleuth.com sendiri merupakan sebuah forum detektif yang sudah berjalan cukup lama.
MKS