Karyawan Facebook Bisa Lihat Data Pribadi Pengguna

Karyawan Facebook Bisa Lihat Data Pribadi PenggunaFacebook @vanguarddahlonega.com
Facebook mengaku bahwa melihat 'privasi' akun pengguna sosial media tersebut memang diizinkan bagi sejumlah pegawai mereka. "Camkan ini, karyawan FB bisa intip akun Anda," ucap Paavo Siljamki, yang menuturkan pengalamannya.

Paavo Siljamki sempat berbicara dengan salah satu pegawai FB yang memiliki posisi sebagai teknisi saat dia datang ke kantor Facebook di Los Angeles, Amerika Serikat. Dalam percakapan tersebut karyawan teknisi itu meminta izin untuk melihat profil milik Paavo Siljamki. "Mengapa tidak," Paavo mejawab.

Akan tetapi kejadian selanjutnya cukup mengejutkan. Apa yang dibayangkan Paavo tentang 'melihat' hanyalah sekedar melihat saja. Namun apa yang dilihat Paavo jelas berbeda, Teknisi tersebut membuka akun miliknya tanpa menggunakan kata sandi.

Dijelaskan oleh Paavo bahwa mengakses segala konten yang bersifat pribadi pengguna Facebook memang diizinkan bagi sejumlah karyawan FB. Untuk membuktikan kebenarannya, laman Venture Beat mengkonfirmasi Facebook.

Facebook menjawab, "Akses berjenjang dibatasi berdasarkan fungsi kerja karyawan, dan karyawan yang ditunjuk dapat mengakses informasi yang diperlukan sesuai tanggung jawab pekerjaannya. Seperti laporan bug dan dukungan akun."

Facebook tetap menjunjung tinggi hak privasi para penggunanya dan akan memberikan sangsi tegas bagi siapa saja (pegawai) yang menyalahgunakan wewenangnya.

Meskipun demikian, hal tersebut tentu membuat user cemas sebab mereka merasa akunnya dapat diintip, walaupun oleh orang yang terbatas memiliki akses tersebut.
MKS