Ahok Mantap Pilih Djarot Syaiful Hidayat sebagai Wagub

Ahok Mantap Pilih Djarot Syaiful Hidayat sebagai WagubDjarot Syaiful Hidayat @tempo.co

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sumringah karena nama wagub yang ia ajukan telah disetujui Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Seperti diketahui, Ahok merekomendasikan nama Wali Kota Blitar Djarot Syaiful Hidayat sebagai pendampingnya.

"Tadi saya sudah dikontak, beruntung saja, Ibu Mega menyetujui Pak Djarot. Ini lisan, BBM dari teman di sana," kata Ahok kepada wartawan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, dilansir dari Detik, Selasa (2/12).

Sebelumnya, PDIP mengajukan nama Boy Sadikin untuk mendampingi Ahok. Tapi belakangan Boy tidak bersedia.

"Pak Boy juga tidak bersedia. Pak Boy lebih mau konsentrasi di DPD. Jadi ya kita bertiga sehati lah. Untung aja ini. Pas. Jadi yang saya minta pengen Djarot, Ibu Mega juga sepakat. Pak Boy juga ternyata tidak mau," imbuh Ahok seraya tersenyum.

Oleh karena itu, Ahok akan segera mengajukan nama Djarot sebagai wakil gubernur pilihannya. "Pak Jarot pasti. Untung saja saya lah. Ibu Mega, Pak Boy, semua satu hati," ujar Ahok.

Meski demikian, sejak awal Ahok lebih memilih nama Djarot dan mantan Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Sarwo Handayani menjadi pendampingnya. Namun, Ahok lebih condong ke Djarot.

Ahok menjelaskan, Djarot lebih berpengalaman dan jam terbangnya lebih tinggi. Ia yakin, bersama Djarot bisa membawa perubahan lebih baik dalam mengelola Kota Jakarta.

"Kalau mau menguji karakter sejati seseorang, kasih dia kekuasaan. Kalau orang nggak pernah berkuasa, kita nggak tahu karakternya. Nah Pak Djarot ini 10 tahun jadi Wali Kota Blitar. Dia juga dapat penghargaan walikota terbaik versi majalah Tempo. Seperti saya juga pernah dapat versi majalah Tempo. Dia juga yang mencanangkan pertama kali bedah rumah, termasuk revitalisasi pasar dan gayanya juga orang yang agak soft ya," jelas Ahok.

Nay