Saingi YouTube, Xiaomi Hadirkan iQiyi

Saingi YouTube, Xiaomi Hadirkan iQiyiXiaomi IQiyi @thevideoink.com

Nampaknya masa-masa kejayaan YouTube sebagai situs berbagi video terbesar di dunia akan mulai tergoyahkan dengan banyaknya situs serupa besutan developer lokal. Salah satunya iQiyi besutan Xiaomi. Developer asal Tiongkok ini diketahui tengah menginvestasikan Rp 3 triliun untuk situs tersebut.

Melansir dari Techinasia, Kamis (20/11/2014), Xiami ingin menggeser dominasi YouTube di pasar tersebut. Untuk membuat iQiyi menjadi layanan terkemuka di dunia dan Tiongkok pada khususnya, Xiaomi bekerja sama dengan Baidu dalam penanaman saham.

Lei Jun, sang pendiri Xiaomi nampaknya benar-benar serius dengan proyek tersebut. Dengan menggunakan uang pribadinya, ia menginvestasikan sebesar USD1 juta untuk iQiyi pada bulan ini.

Apa yang dilakukan Xiaomi dan Baidu ini tentu sangat disambut positif oleh masyarakat Tiongkok. Mereka ingin perusahaan ini dapat menjadi harapan terhadap televisi pintar dengan versi yang lebih baik dari yang ada sekarang ini. Hal ini juga dikarenakan pemerintah China yang belakangan benar-benar melarang tayangan asing di televisi lokal Tiongkok.

okta