YouTube Terapkan Video Berbayar

YouTube Terapkan Video Berbayarilustrasi @tubefilter.com

Belakangan para pengguna situs berbagi video YouTube sering terganggu karena munculnya iklan di awal dan di tengah video yang telah ia putar. Belum lagi pop up advertisement yang sering tiba-tiba muncul di layar video. Untuk menghilangkan iklan tersebut, CEO baru Youtube mengungkapkan rencananya untuk menarik bayaran dari pengguna YouTube.

Pada ajang konferensi Code/Mobile 27-28 Oktober lalu di California, Amerika Serikat lalu, Susan Wojcicki menyatakan versi YouTube berbayar yang mengadopsi model televisi berlangganan atau sejenis aplikasi premium berbayar yang membebaskan pengguna dari iklan.

"YouTube kini hidup dari iklan. Ini bagus memang karena bisa membawa kami ke lebih banyak pengguna di seluruh dunia, dan siapa saja bisa mengakses konten di dalamnya," ujar Susan, seperti dikutip dari Recode.

Meski tengah mempersiapkan video berbayar, namun Susan menegaskan bahwa semua orang tetap bisa menyaksikan video-video YouTube secara gratis. Hanya akan ada video-video khusus yang bisa disaksikan tanpa iklan pada konten berbayar.

Ide pengadaan video berbayar ini sebenarnya telah direncanakan oleh YouTube sejak beberapa tahun lalu, namun baru akan direalisasikan pada masa jabatan CEO Susan Wojcicki. Saat ditanya kapan YouTube akan mulai memberikan layanan berbayarnya, Susan menjawabnya singkat, "Dalam waktu dekat."

okta