Asus Padfone Smartphone Sekaligus Tablet

Asus Padfone Smartphone Sekaligus Tablet
Asus Padfone menghebohkan saat pertama kali muncul di pameran Computex Taiwan, Mei tahun lalu. Terdiri dari smartphone canggih yang bisa dipasang di bagian belakang sebuah tablet. Namun Asus belum juga meluncurkannya secara resmi.

Menurut Chairman Asus Jonney Shih, peluncurannya akan dilangsungkan pada acara Mobile World Congress di Barcelona, tepatnya pada hari Senin 27 Februari.

Padfone merupakan perpaduan antara ponsel dan tablet. Padfone merupakan ponsel pintar Android, dengan sebuah tablet yang dilengkapi dengan dok Padstation.

Asus mengatakan, Padfone merupakan 'rumah' dari berbagai komponen seperti prosesor, RAM, serta koneksi internet. Sementara Padstation merupakan layar 10,1-inci yang juga menyediakan baterai. 

Dengan memasukan Padfone ke dalam slotnya di bagian belakang Padstation, maka gambar yang ada di layar ponsel akan secara otomatis langsung menyesuaikan ukurannya dengan layar yang lebih besar.

Salah satu kelemahan memiliki smartphone dan komputer tablet secara terpisah, adalah masalah akses internet mobile-nya. Memiliki dua gadget terpisah berarti membayar dua layanan data yang berbeda. Padfone hanya menggunakan satu kartu SIM, sehingga Anda tak perlu membayar dua 'rekening pulsa' yang berbeda.

Gadget ini menjalankan Android 4.0 Ice Cream Sandwich, yang didesain untuk dapat beroperasi pada tablet maupun smartphone, serta bekerja dua kali lebih bertenaga ketimbang iPhone maupun iPad. Sebab, iPad 2 dan iPhone 4S hanya menggunakan prosesor dual-core (dua inti). Sementara, Padfone menggunakan prosesor quad-core (empat inti), sehingga lebih cepat dan lebih stabil saat menjalankan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Ia juga cukup kuat untuk menjalankan sebuah game sekualitas game konsol.

Anda bisa melihat bagaimana desain purwarupa terakhir Padfone dalam galeri foto ini. Namun, sepertinya Asus akan mengubah desain akhir dari gadget ini. Diperkirakan, tombol fisik di ponsel ini akan hilang, mengingat perangkat berbasis Ice Cream Sandwich akan mengoptimalkan tombol virtual di layar. Selain itu, ia diperkirakan ia akan lebih tipis dan lebih ringan.

Baik Padfone maupun Padstation akan memiliki baterai terpisah. Jadi, saat Anda memasang Padfone ke dalam Padstation, maka ia akan mengisi baterai Padfone. Jadi, ini merupakan cara cerdas untuk menambah panjang daur hidup gadget.

Padstation akan kompatibel dengan dok Asus Transformer, yang juga memiliki baterai tambahan serta sebuah papan kunci. Jadi Anda bisa sekaligus menggunakannya seperti sebuah laptop, tablet, serta smartphone sekaligus. Data-data yang ada pada di setiap komponen itu pun akan melakukan sinkronisasi secara otomatis.
http://berita.plasa.msn.com/photoviewer.aspx?cp-do