Indonesia Beli 8 Helikopter Apache AS

Jum'at, 10 Februari 2012
Indonesia Beli 8 Helikopter Apache AS

Untuk menambah kekuatan alat utama sistem persenjataan (alutsista) tertahannan Indonesia, pemerintah RI berencana membeli delapan unit helikopter serang Apache dari Amerika Serikat. Apache adalah tipe helikopter militer dari jenis penyerbu atau tempur yang bisa diterbangkan dalam berbagai kondisi cuaca.

"Kami berniat beli delapan unit Apache," kata Wakil Menteri Pertahanan, Sjafrie Sjamsoeddin di Jakarta, Kamis 9 Februari 2012.

Menurut Sjafrie, pembelian delapan unit helikopter serang jenis Apache tersebut sudah disesuaikan dengan kebutuhan Indonesia. Namun hingga kini belum ada kesepakatan resmi antara pemerintah Indonesia dengan Amerika Serikat mengenai pembelian helikopter tersebut.

"Kita yang mencari. Kalau di Amerika ada dan sesuai dengan kebutuhan kita, kita deal sama dia," jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan berniat membeli tank Leopard bekas dari Belanda. Namun, keinginan ini terkendala parlemen Belanda, juga DPR yang tak kunjung memberi restu. Selain itu pemerintah juga berencana membeli pesawat intai tanpa awak atau unmanned aerial vehicle/UAV, sejumlah dua pesawat yang dibeli dari dari Kital Philippine Corp seharga US$16 juta, dan akan tiba tahun ini.

Kelebihan pesawat intai tersebut antara lain bisa digunakan untuk militer dan nonmiliter seperti mendeteksi cuaca, mempunyai kemampuan jelajah dengan radius 250 km, kemampuan terbang 15 jam.

Komentar