6 Jejaring Sosial Selain Facebook, Twitter, Google+

Selasa, 27 Desember 2011
6 Jejaring Sosial Selain Facebook, Twitter, Google+
Berawal dari Friendster , jejaring sosial marak digunakan oleh pengguna internet untuk saling berkomunikasi dan berbagi. Kemudian muncul Facebook yang mampu menggeser Friendster dengan kelengkapan fiturnya.

Kemudian muncul banyak jejaring sosial lainnya yang populer Twitter dengan kesederhanaan tweetnya. Yang terbaru dari Google , yaitu Google+ yang saat ini berusaha mengalahkan facebook.

Namun, tentunya masih banyak lagi jejaring sosial lainnya. Berikut 5 jejaring sosial dengan nama unik, dan kelebihannya sendiri dibanding pendahulunya.

Linked.in

LinkedIn memberi kelebihan bagi para profesional atau para freelancer.

Jejaring sosial jika dimanfaatkan dengan baik akan menambah relasi dan bisa juga mendukung produktivitas, tergantung dari pengguna sendiri. Jejaring sosial, dalam berbagai bentuknya, bagi para freelancer juga bisa digunakan untuk mendukung ‘karir’ mereka dan mengembangkan keahlian.

Tagged.com

Tagged.com merupakan situs jejaring sosial yang diluncurkan pada Oktober 2004 dan didirikan oleh entrepreneur bernama Greg Tseng dan Johann Schleier-Smith, keduanya merupakan lulusan Harvard University. Tagged.com memperbolehkan penggunanya untuk membuat dan mengatur profil, mengirim pesan, meninggalkan komentar, mengirim buletin, pengaturan status, melihat foto, video, memberikan hadiah, memainkan permainan, chat, dan menambah teman.

Namun sebelum Tagged.com bisa berkembang sebesar FB dan MySpace, ternyata terkuak sebuah kasus yang melibatkan Tagged.com sebagai tersangka nya. Tagged.com telah mencuri identitas lebih dari 60 juta pengguna internet di seluruh dunia dengan mengirimkan e-mail kepada masing-masing sambil melihat-lihat informasi akun mereka. Andrew Cuomo, Jaksa Agung New York, mengatakan Tagged memperoleh informasi itu dengan cara licik, yakni dengan cara mengirimkan email kepada banyak orang yang berisikan permintaan agar mereka melihat-lihat foto-foto pribadi teman-teman mereka. Pesan itu berbunyi : “(name of friends) sent you photos on Tagged”. Ketika penerima email itu mencoba mengakses foto-foto itu, Cuomo mengatakan mereka secara otomatis menjadi anggota jejaring sosial itu, bahkan foto-foto yang di awal dibicarakan tidak pernah tampak.

Hi.im

Hi, Im! mempunyai fitur menyatukan beberapa jejaring sosial seperti : twitter, digg, facebook, youtube, flickr, myspace, linkedin, blog, friendfeed, vimeo, last.fm dan lain-lain.

About.me

Merupakan halaman jejaring sosial yang terhubung dengan jejaring sosial populer seperti Facebook, Twitter, Linked.in atau bahkan blog/website pribadi kalian. Kalian tinggal menghubungkan akun kalian di about.me, halaman anda akan menampilkan hal terbaru dari akun yang terhubung.

Heello.com

Pesaing Twitter, Heello kurang lebih hampir sama dengan twitter, dengan jumlah karakter dalam heello berjumlah sekitar 140 karakter. Dan jika kita ingin menyebut seseorang, atau akun dari sebuah perusahaan atau organisasi kita dapat menggunakan karakter @ . Sama seperti di twitter yaitu “mention”. Namun berbeda bahasa dengan twitter, Heello menggunakan ping bukan tweet dan perbedaan bahasa lainnya yaitu echo, di dalam twitter biasa disebut re-tweet. Follow di dalam heello disebut listen dan banyak lagi.

Heello juga bisa terkoneksi dengan facebook dan twitter, dan dapat mem-poskan dari Heello sendiri tetapi tidak dengan sebaliknya. Namun, sampai sekarang belum terlihat apa perbedaan yang mencolok dari Heello dengan twitter dalam fitur-fiturnya. Saat ini masih dikembangkan aplikasi untuk android dan juga Apple.

Vizualize.me

Vizualize.me adalah situs yang mengubah profil LinkedIn seseorang menjadi infografik berbasis web dan cantik dilihat. Atau kalian bisa membuat sendiri infografik dari resume anda.

Berita, Jadwal & Hasil Pertandingan Piala Dunia 2014 Brasil

Komentar