Hasil Jepretan Nokia N8 Ungguli Apple Iphone 4S

Senin, 10 Oktober 2011
Hasil Jepretan Nokia N8 Ungguli Apple Iphone 4S

Dengan dirilisnya product Apple terbaru Iphone 4S mungkin membuat kalian ingin memilikinya. Ditambah dengan iPhone 4S memiliki 8 kamera megapiksel, 1080p video, lensa f/2.4, pengembangan stabilisasi gambar dan flash LED. Diskripsi yang diberikan oleh Apple dalam situs mereka memang menggiurkan, namun jepretan N8 masih lebih bagus?

Yuk lihat spesifikasi Apple Iphone 4S

Jika kita bandingkan antara keduanya N8 memiliki 12 MP sedangkan iPhone 4S hanya 8 MP, tapi tahukah Anda bahwa ini bukanlah disebabkan karena megapikselnya. Ada sesuatu hal lain yang menentukan kualitas gambar yang selama ini diduga oleh masyarakat dengan hanya menilai dari megapikselnya saja.

Hal yang paling penting untuk mengukur hasil gambar yang dihasilkan oleh kamera sebuah smartphone adalah ‘ukuran chip silikon yang berfungsi untuk menangkap gambar’, dan chip ini dikenal sebagai sensor CMOS.

  1. Ukuran megapiksel tak berpengaruh. Jika Anda memperbesar piksel namun sensor CMOS tetap sama maka Anda hanya merubah ukuran piksel menjadi lebih kecil. Hal ini tak merubah kualitas gambar namun secara nyata meningkatkan ‘image noise’.
  2. Sensor CMOS yang ada di smartphone biasanya berukuran kecil. Alsannya klasik sebab sensor ini lumayan mahal. Alasan lain dikarenakan smartphone berukuran tipis maka jarak antara sensor dengan lensa sangat dekat hingga membatasi kemampuan sensor dan lensa dan juga cahaya yang dapat ditangkap.

Nokia N8 memiliki sensor 77% lebih besar dibandingkan dengan iPhone 4S, yang artinya kemampuan untuk mengumpulkan cahayanya 124% lebih besar sesuai dengan tabel Litchfield (penulis blog yang mereview ponsel symbian). Maka Anda akan mendapatkan gambar seperti gambar diatas.

Litchfied mengakui bahwa hal ini mungkin disebabkan oleh kompensasi ukuran iPhone 4S yang jauh lebih kecil. Tapi berita bagusnya adalah N8 masih mengalahkan beberapa fitur iPhone 4S lainnya salah satunya adalah N8 memiliki lampu flash yang lebih terang sebab menggunakan Xenon Flash.

Jadi jika Anda saat ini sudah ‘Apple-minded’ maka tak ada salahnya untuk melihat berita terbaru mengenai HP Nokia versi terbaru yang baru diluncurkan, atau jika Anda penggemar Android maka gadget Sony atau Samsung terbaru bisa menjadi pilhan Anda.

Berita, Jadwal & Hasil Pertandingan Piala Dunia 2014 Brasil

Komentar