Gempa 6,8 SR di Filipina, Renggut 43 Nyawa

Rabu, 08 Februari 2012
Gempa 6,8 SR di Filipina, Renggut 43 Nyawa
Filipina sedang dirudung duka, akibat dilanda gempa bumi berkekuatan 6,8 Skala Richter telah melan korban tewas mencapai 43 orang. Sekitar 29 orang tewas akibat tertimpa tanah longsor, dan 10 orang lainnya tewas akibat kejatuhan reruntuhan bangunan di wilayah pegunungan Guhulngan di Pulau Negros, serta sekitar 4 korban tewas lainnya dilaporkan berasal dari wilayah lain di Pulau Negros.

Proses evakuasi para korban sendiri terhalang oleh  akses listrik maupun jalan dan jembatan yang terputus. "Penjarahan saat ini merajalela di Guhulngan sehingga memaksa kami untuk menerjunkan lebih banyak personel Kepolisian Nasional Filipina," ujar pejabat militer setempat, Kolonel Fransisco Patrimonio seperti dilansir oleh ABC News, Selasa (7/2/2012).

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 6,8 SR melanda kawasan padat penduduk di Filipina, sekitar 50 km dari kota Cebu. gempa terjadi selama dua kali setelah gempa pertama berkekuatan 6,8 SR melanda, kemudian disusul kembali gempa bumi dengan kekuatan 6,2 SR, sekitar lebih dari 40 kali. US Geological Survey mencatat pusat gempa ini berada pada kedalaman 46 km dari permukaan laut.
Komentar