Dianggap Rasis, Pemotretan Brand Fashion Amerika di Bali Menuai Protes!

Selasa, 29 Mei 2012
Dianggap Rasis, Pemotretan Brand Fashion Amerika di Bali Menuai Protes!
Brand fashion J. Crew adalah merek retail yang cukup besar di Amerika yang menyediakan produk pakaian bergaya preppy khas negara Paman Sam tersebut. Dan untuk katalog edisi musim panasnya, merek ini memilij Bali, tepatnya di seputar Ubud sebagai tempat pemotretan untuk katalognya.

Dengan mengenakan koleksi terbaru busana musim merek tersebut, kedua model difoto dengan latar belakang keindahan pura dan candi di Ubud. Beberapa foto bahkan menggunakan anak-anak hingga warga setempat. Namun sayangnya foto J. Crew bersama penduduk setempat tersebut menuai protes.


Banyak orang yang menganggap aksi pemotretan J. Crew dengan menggunakan warga Bali sebagai figuran mengandung unsur rasis dan ketinggalan zaman. Hal ini dikarenakan foto tersebut mengingatkan akan kampanye Donna Karan yang menggunakan figuran model warga dan anak-anak Haiti yang kulitnya berwarna.

Dibalik semua pro kontra tersebut, jika dilihat dari segi positif ini juga bisa menjadi ajang promosi Bali secara cuma-cuma apalagi J. Crew sendiri adalah merek terpandang negara besar dan dalam katalognya produk ini juga menjelaskan mengenai kebudayaan Bali. Bagaimana jika menurut anda ?

(Foto Dok. J.Crew)
Komentar