Maling Laknat, Curi Kotak Amal Lalu Berak di Mimbar Masjid

Kamis, 05 Mei 2016 12:00
Maling Laknat, Curi Kotak Amal Lalu Berak di Mimbar MasjidRifki Ardiansyah @jpnn.com

Warga Desa Manyarrejo, Kecamatan Manyar digegerkan dengan aksi pencurian di masjid setempat. Yang membuat warga marah, pelaku sengaja berak di atas mimbar masjid usai menggasak kotak amal.

Identitas maling laknat itu dikenali sebagai Rifki Ardiansyah (24), asal Desa Gumeno, Kecamatan Manyar, Gresik. Dia melakukan pencurian di masjid pada akhir bulan lalu sekitar pukul 21.00. Saat pagi, warga kaget melihat tempat yang disucikan itu terdapat kotoran manusia.

Beruntung masjid itu dilengkapi CCTV sehingga merekam saat Rifki beraksi. Warga yang terlanjur emosi kemudian mendatangi Rifki yang kebetulan tengah bersantai di sebuah kedai kopi di Desa Tenger, Kecamatan Manyar.

"Kami tahu wajah tersangka dari CCTV. Saat kami lakukan pencarian seharian, akhirnya siang kita temukan di warkop Desa Tenger. Dan para pemuda menghajarnya," kata Mohamad Sofyan warga setempat.

Usai dihajar, pelaku kemudian diserahkan ke Mapolsek Manyar untuk menjalani pemeriksaan.

Rifki mengakui perbuatannya sudah dia lakukan dua kali. Pada aksi pertama, dia berhasil membawa Rp 500 ribu dari kotak amal musala Desa Sumber, Kecamatan Kebomas. "Ini hanya dapat uang Rp 200 ribu," ujar tersangka.

Kapolsek Manyar AKP Frihamdeni mengatakan pihaknya masih mendalami kasus ini sebab menurut warga ada beberapa teman Rifki yang terlibat pencurian kotak amal.

Tersangka jerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman di atas lima tahun penjara.

(Nay)
Komentar