Indonesia Bisa Jadi Raksasa Teknologi Asia

Jum'at, 29 April 2016 15:30
Indonesia Bisa Jadi Raksasa Teknologi AsiaIndonesia @shutterstock.com
Indonesia disebut-sebut memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi raksasa teknologi di ranah Asia. Bukan tanpa alasan, 88,1 juta orang di Indonesia telah menjadi pengguna internet aktif.

Dari jumlah tersebut, 79 juta orang menjadi pengguna media sosial aktif dan 66 juta di antaranya mengaksesnya melalui smartphone, demikian dikutip dari data We Are Social.

Data tersebut juga mengatakan jika pengguna SIM card saat ini telah melebihi jumlah populasi di Indonesia mencapai 326,2 juta. Sementara jumlah penduduk Indonesia diperkirakan berkisar 259,1 juta.

Hal ini membuat pembina Indonesia Technology Forum, Hasnul Suhaimi mengungkap peluang Indonesia sebagai negara yang maju dalam dunia digital.

Hasnul mengatakan, "Untuk itu, penetrasi internet harus ditingkatkan dengan cepat. Pemerintah perlu membuka jalan dan memberikan perlindungan industri digital agar bisa tumbuh dan mendapat akses pendanaan."

Menurutnya, pelaku industri digital baik produsen hardware, pengembang aplikasi, hingga operator perlu meningkatkan kualitas mereka agar mampu bersaing secara internasional. Mereka juga perlu memperkuat jumlah pemakai dan memberi nilai lebih atas produk yang mereka tawarkan.

Tak hanya itu, dalam Talkshow Indonesia Technology Forum di kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (28/4) kemarin, Hasnul juga mengatakan bahwa pelaku industri harus mempunyai strategi pemasaran agar produk cepat populer di kalangan pengguna.

Di sisi lain, VP Network Planning and Development XL Budi Hardjono mengatakan jika pihaknya akan mendukung kemajuan industri digital dengan cara mengomersilkan 4G LTE. Selama 2016, XL telah membangun 3.286 BTS 4G, yang mencakup 36 kota di Indonesia untuk mendorong peningkatan traffic layanan data.

"Kebutuhan pelanggan akan data kini tidak hanya untuk browsing dan chatting, tetapi sudah ke aktivitas dunia maya yang membutuhkan internet berkecepatan tinggi," ujarnya.

Yang tak kalah penting menurut Ketua Indonesia Technology Forum Yusuf Mars adalah kerjasama antar pelaku industri digital. Kerjasama antara produse, pengembang dan operator sangat penting untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang maju di bidang teknologi.
(mks)
Komentar