Petani China Bikin Kapal Selam Cuma Habis Rp 10 Juta

Jum'at, 29 April 2016 14:00
Petani China Bikin Kapal Selam Cuma Habis Rp 10 JutaZhang Shendu dan kapal selamnya @dailymail.co.uk
Kreatiafitas seorang petani di Anhui, China ini tak perlu diragukan. Ia berhasil membuat sebuah kapal selam mini hanya dengan menghabiskan dana 5.000 Yuan atau Rp 10 jutaan.

Pria bernama Zhang Shendu tersebut butuh waktu dua bulan untuk menciptakan kapal selamnya sendiri. Ia melakukannya dengan perjuangan keras beberapa jam setiap malam.

Kapal selam ini memiliki panjang sekitar 6 meter dengan ketinggian sekitar 1,5 meter, bobotnya dua ton. Meski terlihat kasar dan sederhana, namun kapal selam ini berfungsi seperti halnya kapal selam canggih yang mampu menyelam sampai kedalaman satu meter.



Zhang pun tak sungkan memamerkan karya hasil inspirasi sebuah tayangan televisi itu kepada teman-temannya dengan beraksi di sungai. Zhang mengaku terinspirasi oleh pembuat kapal selam amatir seperti Du Xiutang.

Hanya saja Xiutang menggunakan dana yang lebih besar dibanding Zhang, yakni 300 ribu yuan atau sekitar Rp 60 jutaan. Meski dana yang digunakan cukup besar, Xiutang ternyata tak mampu menyelesaikan kapal selamnya karena kehabisan modal.

Selain Xiutang, ada lagi sosok pembuat kapal selam amatir bernama Tan Yong dari Danjiangkou. Namun, kapal selam buatan Yong gagal ketika melalui uji menyelam pertamanya.
(mks)
Komentar