Di Korsel, Sampah Makanan Bisa Ditukar Uang

Jum'at, 29 April 2016 11:15
Di Korsel, Sampah Makanan Bisa Ditukar UangMesin buang sampah @koreatimes.co.kr
Untuk mengatasi permasalahan sosial warga, pemerintah Korea Selatan memiliki cara yang sangat kreatif. Yang terbaru, pemerintah akan memberikan imbalan uang kepada warga yang bersedia membuang sampah yang telah disediakan.

'Pay as You Trash', demikian kebijakan yang baru saja diresmikan pemerintah Korsel. Kebijakan ini mengharuskan warga memisahkan sampah makanan dengan sampah lain kemudian ditukar dengan sejumlah uang.

Untuk membayar setiap sampah yang dikumpulkan warga, pemerintah Korsel memanfaatkan teknologi kartu Radio Frequency Identification (RIFD) .

Ketika warga memasukkan kartu RIFD ke dalam sebuah mesin, warga dapat membuat sampah makanan yang dikumpulkan dan secara otomatis mesin menghitung berat sampah tersebut dan menerima bayaran bulanan untuk setiap sampah makanan yang mereka buang setiap hari.

Di Seoul, 10 liter kantong sampah akan dihargai 190 Won atau sekitar Rp 2 ribu. Pemerintah berharap jika kebijakan ini mampu mengendalikan pemborosan makanan dan membiasakan warga membuang sampah pada tempatnya.
(mks)
Komentar