Uang Rp 1 Miliar Ludes, Dukun Cilik Ponari Miskin Lagi

Jum'at, 29 April 2016 10:30
Uang Rp 1 Miliar Ludes, Dukun Cilik Ponari Miskin LagiPonari @avepress.com
Masyarakat Indonesia sempat dihebohkan dengan sosok Ponari asal Jombang, Jawa Timur. Tahun 2009 silam, bocah tersebut disebut dukun lantaran tak sengaja menemukan 'batu ajaib' di tengah badai yang mampu mengobati berbagai penyakit.

Batu tersebut menjadikan Ponari sebagai bocah yang beruntung karena rumahnya yang saat itu hanya beralas tanah langsung menjadi keramik karena banyaknya tamu yang berdatangan untuk disembuhkan.

Seiring berjalannya waktu, pamor batu ajaib Ponari makin hilang. "Sekarang tak menentu. Kadang ada satu orang, kadang sepi pasien, ujar Mbok Legi yang tidak lain adalah nenek Ponari.

Mbok Legi mengatakan jika tamu yang berdatangan biasanya memberi Ponari uang Rp 20 ribu. Padahal mereka tak pernah meminta atau mematok tarif berobat dengan perantara batu ajaib tersebut.

Ponari pun kini fokus untuk melanjutkan sekolah karena pengunjung sudah tak seperti dulu. Akibat popularitasnya beberapa tahun lalu, Ponari memang menunda Sekolah Dasar hingga tiga tahun lamanya.

Mbok Legi mengatakan, "Tahun kemarin ikut ujian di program paket A alhamdulillah lulus. Sekarang melanjutkan lagi ke sekolah Tsanawiyah (sekolah Islam setingkat SMP). Baru kelas satu."

Hasil pengobatan yang dilakukan Ponari beberapa tahun lalu diakui sempat terkumpul hingga Rp 1 miliar lebih. Dengan uang sebanyak itu keluarga pun mampu membangun rumah layak, membeli dua sawah seluas dua hektar, sepeda motor, hingga perabotan rumah tangga.

Namun, kini uang tersebut sudah habis dan kondisi ekonomi keluarga Ponari kembali seperti semula. Bahkan, ibu Ponari, Mukaromah mengalami kesulitan keuangan untuk melahirkan putra keduanya.
(mks)
Komentar