Kreatif, Siswa SMK Pekalongan Bikin Alat Tambal Ban Portabel

Jum'at, 29 April 2016 09:45
Kreatif, Siswa SMK Pekalongan Bikin Alat Tambal Ban PortabelAlat tambal ban portabel @liputan6.com
Seorang siswa SMKN 1 Kedungwuni, Pekalongan menciptakan terobosan yang cukup kreatif dan bermanfaat berupa alat tambal ban portabel. Disebut portabel karena perangkat ini sangat ringkas hingga bisa diletakkan di jok motor.

Alat yang disebut Tyre Press itu dibuat oleh siswa bernama Muhammad Alfan Alvian. Ia merancang alat tersebut hanya dengan memanfaatkan serangkaian besi dengan hurup P kemudian ditambah alat lain yang ukurannya tidak terlalu besar.



Alfan menjelaskan, "Kita hanya perlu memberi kompon pada lubang, kemudian balut dengan kertas HVS. Tempelkan ke leher knalpot yang masih panas dan kunci pakai Tyre Press."

Lalu bagaimana jika ban sudah ditambal namun kita tidak menemukan pompa untuk memompa ban yang sudah tertambal? Tenang saja, Alfan sekaligus menemukan alternatif yang bisa membantu kondisi tersebut.



Dalam alat untuk menambal ban tadi, sudah termasuk selang sekitar 1 meter. "Namun itu bukan selang biasa. Selang ini bisa digunakan untuk mengisi angin, yang cukup dimasukkan ke dalam knalpot," tandasnya.
(mks)
Komentar