Urus e-KTP Bisa dari Luar Kota Mulai 1 April

Kamis, 28 April 2016 13:00
Urus e-KTP Bisa dari Luar Kota Mulai 1 Aprile-KTP @tctirtowening.malangkab.go.id
Mulai 1 April, rekam cetak atau pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) bisa dilakukan dari luar domisili. Hal ini sudah disosialisasikan oleh Ditertur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakurlloh.

Ketentuan ini tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 8 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri No 9 Tahun 2011 tentang Pedoman Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional.

Zudan mengatakan, "Bantu kami, 1 April sudah harus bisa berjalan untuk rekam cetak (e-KTP) di luar domisili tanpa mengubah elemen."

Pihak Kemendagri mengaku sudah menyampaikan kabar ini dengan gencar sejak beberapa waktu lalu. Salah satunya saat pertemuan dengan Kepala Dinas Dukcapil di Palembang Selasa (29/3) lalu.

Dengan ketentuan ini, perantau tak lagi kembali ke daerah masing-masing untuk mengurus e-KTP. Lebih lanjut, proses pembuatan e-KTP juga tak memungut biaya apapun, termasuk retribusi yang sudah dihapus pemerintah.

Zudan mengatakan, "Pelayanan ini gratis, jangan mau dimintai bayaran. Ini dijamin oleh negara."

Meski program e-KTP sudah berlangsung mulai 1 Januari 2015, namun Zudan menuturkan jika sejauh ini masih ada daerah yang tetap menerbitkan KTP non-elektronik. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat yang belum punya KTP membuat e-KTP, bukan KTP non-elektronik.
(mks)
Komentar