Unik, Tangkap Maling di Jogja Berhadiah Rp 500 Ribu

Selasa, 26 April 2016 12:30
Unik, Tangkap Maling di Jogja Berhadiah Rp 500 RibuHadiah Rp 500 untuk penangkap maling @facebook.com
Demi membuat suasana kampung aman, warga RT 32 RW 8 Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta membuat sayembara yang cukup menarik, yakni hadiah uang tunai Rp 500 ribu untuk siapa saja yang menangkap maling.

Lebih detil tertulis, warga yang menangkap maling di malam hari akan dapat Rp 500 ribu, sementara di siang hari Rp 300 ribu. Aturan ini pun sudah disepakati warga, bahkan sudah dibuat spanduk pengumuman di beberapa sudut desa.

Ketua RT 32, Sukardi Wardoyo mengatakan, "Kami sengaja membuat itu, karena di sini banyak anak kos yang jadi korban pencurian. Kasian kan kalau mereka barangnya hilang, biasanya laptop dan handphone."

Warga semakin geram karena semakin banyak barang hilang namun pelaku tak kunjung tertangkap. "Dengan pemberian imbalan mungkin warga akan lebih waspada. Jadi secara tidak langsung, maling akan berpikir dua kali kalau beraksi di kampung kami," ujarnya.

Kini, warga bersama mahasiswa pun wajib bergilir untuk melakukan ronda malam, terlebih karena selama ini yang banyak kehilangan adalah para mahasiswa.

Sukardi menambahkan, "Modus maling biasanya mengaku teman anak kos, kita tidak kenal. Setelah tiba-tiba ada anak kos laporan kehilangan laptop, motor atau HP. Sampai sekarang juga belum pernah ada yang tertangkap."

Terkait upaya hadiah ini, salah seorang mahasiswa bernama Rizal mengaku lebih bersemangat saat beronda malam. "Kita sih nggak berharap ada yang kemalingan, tapi kalau ada yang bisa nangkap maling lumayan juga, bisa buat bayar kos," katanya.
(mks)
Komentar