Video: Begini Canggihnya Parkir Bawah Tanah di Jepang

Selasa, 26 April 2016 10:15
Video: Begini Canggihnya Parkir Bawah Tanah di JepangTempat parkir sepeda bawah tanah di Jepang @independent.co.uk
Jepang adalah salah satu negara yang kerap menghadirkan teknologi mengagumkan. Yang terbaru, Negeri Sakura ini memperlihatkan area parkir bawah tanah canggih khusus sepeda, alat transportasi paling populer di Jepang.

Ide membuat area parkir khusus sepeda ini memang berdasarkan banyaknya pengguna sepeda di Jepang. Perusahaan konstruksi Giken pun memanfaatkannya dengan membangun sistem yang mampu menyimpan sepeda dengan mudah.

Giken menyebut teknologi parkir ini sebagai Eco Cycle. Lahan parkir adalah sekitar 11 meter di bawah tanah. Hebatnya, tempat parkir canggih ini mampu menampung hingga 204 sepeda.

Cara parkirnya pun sangat mudah, pemiliki sepeda hanya perlu menempelkan chip khusus di roda depan sepeda. Chip sepeda tersebut adalah sekaligus akun Eco Cycle.

Jika sudah memiliki akun tersebut, pemilik sepeda hanya perlu meletakkan sepeda mereka di tempat-tempat parkir yang sudah disediakan di berbagai tempat di Jepang. Hanya menekan satu tombol, sepeda akan otomatis turun ke bawah tanah dan mencari lahan parkir yang kosong.

Penasaran seperti apa canggihnya tempat parkir bawah tanah di Jepang? Lihat video berikut ini!

(mks)
Komentar