Canggih, Peneliti Bikin Drone Kendali Otak

Senin, 25 April 2016 14:30
Canggih, Peneliti Bikin Drone Kendali OtakDrone canggih kendali otak @youtube.com
Di tengah perkembangan drone yang semakin pesat, diciptakan sebuah drone canggih yang mampu dikendalikan tanpa remote, melainkan hanya dengan pikiran pemilik.

Mahasiswa University of Florida kini tengah menguji drone kendali otak. Mereka memanfaatkan headset dan sensor berbentuk tentakel yang menempel pada dahi sebagai pengendali drone, termasuk kecepatannya, dilansir Phys.

Para peneliti juga akan mengadakan balapan drone dengan kontrol pikiran pertama di dunia. Nantinya akan ada 16 pilot yang menggunakan otak untuk menerbangkan drone dalam sebuah lapangan basket indoor di University of Florida.

Teknologi kendali otak atau brain-controlled interface (BCI) ini sebelumnya memang telah diterapkan di dunia medis. Namun kini teknologi tersebut dirombak untuk hal yang lebih cenderung ke dunia hiburan.

Cara kerjanya, pemilik drone akan menggunakan headset yang telah terintegrasi dengan drone mereka, kemudian akan ada aktivitas elektrik yang terasosiasi dengan beberapa pemikiran yang ada di otak pengguna.

Dengan demikian, para pilot hanya tinggal membayangkan dia sedang mendorong kursi di lantai. Pergerakan ini nantinya akan diterjemahkan ke dalam kode yang mampu membuat drone mengikuti perintah.

Pembimbing mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini, Profesor Juan Gilbert berharap jika nantinya anak didiknya mampu menghadirkan drone kendali otak secara massal. Lihat video di bawah ini!

(mks)
Komentar