Beruk Tewas Dibunuh, Mulutnya Dikasih Rokok

Senin, 25 April 2016 14:20
Beruk Tewas Dibunuh, Mulutnya Dikasih RokokBeruk tewas @tribunnews.com
Apa yang dilakukan beberapa orang ini sangatlah keterlaluan. Sudah mengikat dan menggantung dua ekor beruk yang sudah tidak bernyawa di atas motor, mereka masih menyelipkan rokok pada mulut kedua hewan tersebut.

Parahnya, pelaku mengunggah foto beruk dalam kondisi memprihatinkan itu di Facebook dan kemudian dikomentari yang tidak-tidak. "Berok pun pandai merokok," demikian ujar pelaku pada postingan tersebut.

Tak butuh waktu lama, postingan ini pun mendapat beragam komentar dari netizen yang kebanyakan mengecam perbuatan pelaku. Netizen di Kalimantan Barat, tempat foto itu diambil tak melontarkan kata-kata pedas terkait tindakan tidak manusiawi itu.



Kasus ini juga tengah diselidiki oleh BKSDA Kalimantan Barat. Mereka akan terus menegaskan bahaya gambar yang diunggah oleh warga desa Sijang, Galing, kabupaten Sambas bernama Adul tersebut.

Kepala BKSDA Kalbar, Sustyo Iriono yang telah mendatangi rumah pelaku mengatakan, "Pelaku sudah ditegur dan dibina lantaran mengunggah foto tersebut, apalagi pelaku telah memperlakukan hewan tersebut secara tidak layak."

"Beberapa hari terakhir ini ulah pelaku memang telah membuat warga, khususnya pengguna media sosial di Kalimantan Barat resah dan jengkel," ujarnya lagi.

Sustyo juga mengatakan jika beruk memang bukan hewan yang dilindungi, tapi keberadaannya sudah semakin langka. "Oleh karenanya, segala bentuk perburuan ilegal terhadap satwa liar maupun ataupun kepemilikan satwa liar yang dilindungi hanya untuk kesenangan semata harus dihentikan," tandasnya.
(mks)
Komentar