2020, Giliran Tiongkok Jelajah Planet Mars

Senin, 25 April 2016 13:50
2020, Giliran Tiongkok Jelajah Planet MarsPotret permukaan Mars @popsci.com
Sepertinya Tiongkok tak main-main soal rencananya menjelajah antariksa. Di tahun 2020 nanti, Tiongkok pun berencana meluncurkan perangkat mereka ke Planet Mars.

Planet merah ini memang telah menjadi tujuan negara-negara maju untuk melakukan penelitian, terlebih Mars dianggap sebagai planet yang paling mirip dengan Bumi sejauh ini.

Misi Tiongkok untuk menggapai Mars ini telah mendapat izin dari otoritas Tiongkok sejak Januari 2016. Badan Antariksa Tiongkok, China National Space Administration (CNSA) pun sempat menggelar konferensi di Beijing beberapa waktu lalu, dilansir Ubergizmo.

Pimpinan CNSA, Xu Dazhe mengatakan, "Yang kami inginkan adalah menjadi negara pertama yang mengorbit Mars, mendarat di sana dan mengerahkan rover kami untuk menjalankan misi tersebut. Kami rasa ini akan sulit, tetapi kami yakin ini bisa dicapai."

Nantinya Tiongkok akan mempelajari lingkungan dan permukaan planet merah, termasuk melihat kandungan tanah, atmosfer, serta memastikan adanya air di sana.

"Meneliti hal-hal tersebut di Mars sama halnya seperti meneliti asal-usul kehidupan. Jika kami telah menuntaskan misi ini, jejak rekor CNSA bisa dibilang sukses dalam hal mengeksplorasi luar angkasa," tandas Xu.
(mks)
Komentar