Penderita HIV Terbanyak di Batam Adalah Buruh Pabrik

Senin, 25 April 2016 13:30
Penderita HIV Terbanyak di Batam Adalah Buruh PabrikBuruh pabrik @abc.net.au
Jika selama ini Anda beranggapan bahwa penderita penyakit HIV terbanyak adalah pekerja seks komersial (PSK), sepertinya Anda harus berpikir ulang. Di Batam, buruh pabrik merupakan kalangan yang paling banyak menderita penyakit kelamin tersebut.

Dilaporkan setidaknya ada 641 kasus HIV di Batam dan 163 orang adalah pekerja pabrik. Ibu rumah tangga menempati posisi kedua dengan jumlah 114. Selanjutnya PSK 87 orang.

Untuk menangani kasus ini, Dinas Kesehatan Kota Batam tak tinggal diam dengan menggalakkan penjaringan orang serta penyuluhan di kalangan karyawan pabrik.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kota Batam, Sri Rupiati mengatakan, "Dari seluruh penduduk Kota Batam, ada 63 persen yang bekerja di pabrik."

"Kami pun telah memiliki MOU (nota kesepahaman) dengan 70 perusahaan di Batam untuk mengedukasi karyawannya tentang upaya pencegahan HIV AIDS," lanjutnya.

Upaya pencegahan penyebaran HIV ini juga didukung penuh oleh salah satu perusahaan di Batam, PT McDermott. Mereka meminta agar karyawannya yang 90 persen laki-laki bersedia mengikuti program edukasi terkait HIV.

Medical Service Maneger PT McDermott Indonesia, Dokter Maryanti mengatakan, "Kami pernah melakukan edukasi maupun penyuluhan tentang HIV/AIDS pada saat tool box safety meeting di 58 titik. Di sela-sela meeting tersebut, kami manfaatkan untuk mengedukasi tentang ini."
(mks)
Komentar