Jangan Pakai iPhone Kalau Gak Kaya

Sabtu, 23 April 2016 18:30
Jangan Pakai iPhone Kalau Gak KayaiPhone 6s @techradar.com
Perusahaan Apple sendiri menyarankan kepada para konsumennya untuk memakai produk mereka seperti iPhone, iPad, dan Apple Watch dalam waktu tiga tahun saja. Untuk Mac, maksimal adalah empat tahun.

Informasi tersebut diketahui melalui laman FAQ (pertanyaan paling banyak) resmi Apple. "Tahun penggunaan, berdasarkan pemilik pertama, diasumsikan selama empat tahun untuk perangkat MacOS dan tvOS, serta tiga tahun untuk perangkat iOS dan WatchOS," tulis perusahaan asal Cupertino tersebut.

Secara tidak langsung pengguna produk Apple seperti iPhone 6 yang harganya mencapai Rp 9-10 jutaan dipaksa membeli iPhone terbaru dalam tiga tahun ke depan yang kemungkinan harganya sama atau bahkan lebih mahal.

Dalam waktu tersebut, iPhone lawas disarankan Apple untuk dikembalikan atau ditukar tambah dengan produk baru agar yang lama bisa didaur ulang. Tentu hal ini akan sangat menguras kantong pengguna dan mendorong pola konsumtif.

Namun sepertinya tak sedikit pengguna yang tak rela jika harus mengganti perangkat mereka setiap tiga tahun. Terlebih karena iOS bisa di-upgrade ke versi terbaru, bahkan untuk iPhone 4s yang dirilis 2011 lalu, dilansir The Guardian.
(mks)
Komentar