Daur Ulang iPhone Bekas, Apple Untung Rp 520 Miliar

Sabtu, 23 April 2016 16:00
Daur Ulang iPhone Bekas, Apple Untung Rp 520 MiliariPhone 4 @akillitelefon.com
Kita mungkin tak pernah berpikir kemana perginya iPhone dan komputer Mac bekas yang sudah tidak terpakai. Apple memang kerap meminta kembali produk mereka yang sudah tidak digunakan untuk di daur ulang.

Untuk menyerahkan gadget yang sudah tak terpakai, pengguna bisa mengunjungi Apple Store atau menghubungi perusahaan tersebut secara online. Beberapa produk juga bisa tukar tambah dengan perangkat baru.

Dalam program ini, Apple ternyata berhasil mengumpulkan bahan mentah dari perangkat daur ulang yang sangat besar, termasuk emas 2.204 pon atau nyaris 1 ton. Emas tersebut nilainya mencapai USD 39,5 juta atau Rp 520 miliar, dilansir Business Insider.

Secara tak langsung program daur ini merupakan sumber penghasilan baru bagi Apple. Namun, dari mana emas tersebut?

Grup aktivis Fairphone mengatkan jika smartphone rata-rata smartphone mahal memiliki kandungan emas 30 miligram yang tersebar di beberapa komponen internal. Meski sedikit, jumlahnya akan berlipat apabila jumlah perangkat yang didaur ulang sangat banyak.

Apple tak hanya mengumpulkan emas dari produk-produk bekas mereka, melainkan juga bahan lain seperti kaca, plastik, aluminium, tembaga, seng, perak, nikel, dan timah. Total berat bahan-bahan tersebut mencapai lebih dari 27 ribu ton.
(mks)
Komentar