La Nyalla Kembali Jadi Tersangka, Hartanya Bakal Disita

Sabtu, 23 April 2016 13:40
La Nyalla Kembali Jadi Tersangka, Hartanya Bakal DisitaLa Nyalla kembali ditetapkan sebagai tersangka @tempo.co

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia La Nyalla Mahmud Mattalitti kembali ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur dalam kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU), dana hibah Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim.

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Maruli Hutagalung, menjelaskan, "Kita hari ini resmi menetapkan LNM (La Nyalla Mattalitti) sebagai tersangka TPPU dalam penyalahgunaan dana hibah dari Pemerintah Provinsi ke Kadin Jatim dari tahun 2011 hingga 2014," Jumat (22/4), dilansir dari Merdeka.

Penetapan tersangka baru itu berdasarkan surat bernomor Kep-39/0.5/Fd.1/04/2016. Di mana Surat itu didasarkan pada Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) bernomor Print.447/0.5/Fd.1/04/2016, yang ditandatangani oleh Maruli Hutagalung sendiri.

Ada kemungkinan Kejati akan menyita harta dan aset La Nyalla, namun hal itu menunggu hasil penyelidikan yang masih dikembangkan.

"Tunggu hasil perkembangannya, penyidikannya itu sampai dimana. Jika memang ada sampai menggunakan aliran dana itu untuk membeli, bisa kita sita asetnya. Karena, TPPU itu semuanya bisa disita," ujar Maruli Hutagalung.

Penyitaan ini akan dilakukan apabila penyidika menemukan dua alat bukti yang kuat. Hingga kini, saksi ahli dari PPATK (Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan) menyatakan ada aliran dana mencurigakan.

"Sampai sekarang kerugian itu sekitar Rp 1,3 miliar, dan saat ini masih kita telusuri, apakah itu memang digunakan untuk aset atau tidak. Jadi tunggu perkembangannya," tegas dia.

(Nay)
Komentar