Kuil Tiongkok Sebarkan Ajaran Buddha Pakai Robot

Sabtu, 23 April 2016 12:00
Kuil Tiongkok Sebarkan Ajaran Buddha Pakai RobotRobot biksu @reuters.com
Sebuah kuil Buddha di Tiongkok ini mungkin menerapkan hal yang sangat unik dan melek teknologi. Bagaimana tidak, pihak kuil menggunakan sebuah robot miniatur biksu untuk menyebarkan ajaran mereka.

Robot bernama Xian'er itu berjubah kuning dan berkelapa gundul mirip seorang biksu. Menariknya, robot yang membawa tablet di dadanya ini bisa menyebut mantra-mantra Buddha dan mengatakan percakapan sederhana.

Xian'er juga mampu menjawab 20 pertanyaan sederhana terkait Buddhisme dan kehidupan sehari-hari dengan menampilkan jawaban pada layar yang terletak di bagian depan. Robot ini dianggap sebagai langkah yang tepat untuk menyebarkan ajaran Buddha di Tiongkok.

Pencetus Xian'er, Biksu Xianfan mengatakan, "Ilmu dan agama Buddha tidak bertentangan, dapat dikombinasikan dan saling kompatibel. Buddhisme adalah ajaran yang sangat menekankan pentingnya nurani dan memperhatikan dunia spiritual individu."

"Berbicara dari perspektif ini, saya pikir robot dapat memenuhi kebutuhan banyak orang," lanjutnya.

Robot ini sebenarnya merupakan proyek bersama antara perusahaan teknologi dan ahli dari beberapa universitas ternama di Tiongkok. Kerjasama ini dilakukan pada Oktober tahun lalu, dilansir Mirror.

Salah seroang turis dan penganut Buddha, Michelle Yu mengatakan, "Dia (Xian'er) terlihat benar-benar lucu dan menggemaskan. Dia akan menyebarkan Budha ke lebih banyak orang, karena dia sangat menarik, dan akan membuat orang benar-benar ingin memahami agama Buddha."
(mks)
Komentar