Ilmuwan Temukan Cara Menambang Berlian di Kerak Bumi

Sabtu, 23 April 2016 11:30
Ilmuwan Temukan Cara Menambang Berlian di Kerak BumiBerlian @therocks.com
Ahli vulkanologi dari University of British Columbia Vancouver, Kanada, Kelly Russell kini tengah membuat sebuah eksperimen yang bisa mengangkat berlian dari temperatur tinggi di 140-190 km di bawah permukaan bumi.

Russel mengatakan, "Berlian didorong mendekati permukaan oleh gas karbon dioksida. Prosesnya mirip munculnya gelembung gas setelah membuka tutup botol minuman berkarbonasi."

Selain temperature, tekanan di dalam bumi juga semakin kuat dan membuat karbon dioksida terikat bersama batuan membentuk batuan karbonat. Sementara dengan batuan karbonat inilah Kelly melakukan uji coba.

Ia menaburkan mineral bernama orthopyroxene pada sampel yang di uji di laboratorium. Setelah 20 menit, karbon dioksida pada batuan mulai meletup. "Gelembung terbentuk tepat di depan mata kami," ujar Russel.

Hasil penelitian ini mengungkap apa yang terjadi di dalam perut bumi yang mengandung berlian. Ketika hal itu terjadi, karbon dioksida terlepas dari material cair mendorong magma ke lapisan lebih atas dengan kecepatan 14 km per jam.

Kandungan orthopyroxene di dalam bumi akna semakin tinggi ketika mendekat permukaan sehingga membuat magma didorong semakin cepat. Bahkan bisa diangkat dari kedalaman 120 km hanya dalam waktu 3-8 jam.

Ahli geologi dari Brown University, James Head mengatakan jika eksperimen ini mengisi kekosongan pada peristiwa erupsi kimberlite. "Teori baru ini menjamin berlian menembus kerak bumi, lalu menyebar ke cincin dan kalung di seluruh dunia," ujarnya.
(mks)
Komentar