5 Bahaya Sering Main Smartphone Bagi Kesehatan

Minggu, 24 April 2016 06:00
5 Bahaya Sering Main Smartphone Bagi KesehatanIlustrasi bermain smartphone @news.com.au
Smartphone saat ini sudah seperti gaya hidup bagi semua orang. Bahkan anak-anak saja sudah banyak yang bermain dengan smartphone ketimbang bermain bersama teman-temannya diluar rumah.

Jika Anda juga pengguna smartphone bahkan maniak smartphone, lebih berhati-hatilah karena 5 bahaya ini sedang mengintai kesehatan Anda:

1. Perubahan fisik

Terlalu lama bermain smartphone biasanya membuat Anda menunduk sekitar 60 derajat, hal ini sama saja dengan memberi beban pada kepala enam kali lipat dari beban maksimal.

Leher akan merasa tertekan, bantalan tulang juga akan bergeser. Hal ini disebabkan oleh salah satu cakram yang duduk antara tulang belakang rusak dan akhirnya menekan syaraf.

2. Penuaan dini

Menurut sebuah penelitian seorang dokter kulit di Beverly Hills, bernama Stuart H. Kaplan, M., D., mengungkapkan bahwa saat ini banyak anak muda yang melakukan pengobatan Botox untuk mengatasi kerutan dini akibat terlalu lama melihat smartphone.

Sinar smartphone, posisi leher saat menekuk ke bawah, dan perilaku terus-terusan seperti itu akan membuat efek jangka panjang yang mengerikan.

3. Kanker otak

Penelitian menunjukkan orang yang menggunakan smartphone setengah jam sekali dalam sehari dengan durasi konstan 10 tahun akan meningkatkan risiko kanker otak sebanyak dua kali lipat.

Bahkan jika smartphone digunakan sejak remaja, risiko meningkat 4 kali lipat. Hal ini disebabkan oleh radiasi yang kuat dari smartphone.

4. Menggangu ritme tidur

Tidur yang ideal adalah antara 8 jam sampai 10 jam per hari. Faktanya, hanya 15 persen remaja di dunia yang melakukan itu. Lagi-lagi smartphonelah penyebabnya.

Cahaya dari layar dapat mengganggu insomnia dan tidur tak tenang alias gelisah sehingga mengganggu kesetabilan kondisi tubuh. Jika dibiarkan akan berakibat pada daya tahan tubuh menurun karena kurang tidur.

5. Sakit mata

Menurut survei yang dilakukan oleh para peneliti, 37 persen orang saat ini menghabiskan minimal 9 jam dengan bermain smartphone dan 7 dari 10 orang mengalami ketegangan mata.

Hal ini menyebabkan mata kering, iritasi, kemerahan, dan bahkan sakit kepala yang berkepanjngan, kelelahan, serta kasus terparah adalah rabun dekat.
(De)
Komentar