Jangan Ambil Saat Temukan Flash Disk di Jalan!

Jum'at, 22 April 2016 13:20
Jangan Ambil Saat Temukan Flash Disk di Jalan!Flash Disk @sandisk.com
Apa yang akan Anda lakukan ketika menemukan flash disk di jalan? Kebanyakan orang akan mengambilnya dan tanpa ragu akan mencolokkannya ke perangkat PC mereka. Namun, penelitian terbaru sangat tidak menyarankan Anda melakukan hal itu.

Peneliti University of Illinois Urbana-Champaign membuktikan bahwa 297 buah flash disk yang mereka sebar secara acak di wilayah kampus langsung dipungut oleh 48 persen orang yang melihatnya.

Bahkan dalam hitungan menit ada sebuah flash disk yang langsung ditancapkan ke komputer pasca sengaja dijatuhkan. Hal ini membuktikan bahwa banyak orang yang masih belum memahami bahaya yang mengancam mereka.

"Entah didorong oleh motif altruisme (mementingkan orang lain dibanding diri sendiri) atau rasa ingin tahu, user secara tidak sadar sudah membuka diri terhadap serangan internal ketika mereka menancapkan drive tersebut, yakni virus Trojan," ujar penelitian tersebut .

Dengan adanya penelitian ini, diharapkan agar masyarakat lebih waspada jika menemukan flash disk tanpa pemilik. Sebab, pihak-pihak yang tak bertanggung jawab sangat mudah menyebarkan virusnya dengan strategi tersebut.

Peneliti juga mengatakan, telah ada sebuah flash disk yang secara khusus dibuat untuk menyebarkan malware. Malware yang disematkan mempunyai spesialisasi untuk menyerang sistem komputer yang bahkan tak terkoneksi internet, dilansir The Register.
(mks)
Komentar