Ngeri, Tawon Mematikan di Jepang Ini Seukuran Burung

Jum'at, 22 April 2016 12:20
Ngeri, Tawon Mematikan di Jepang Ini Seukuran BurungTawon Jepang @twitter.com
Melihat ukuran tawon di Indonesia memang biasa saja, namun jika Anda pernah bertemu dengan tawon Jepang atau Vespa mandarinia, pasti akan merasa ngeri. Bagaimana tidak, tawon Jepang disebut sebagai spesies tawon terbesar di dunia yang bisa tumbuh seukuran burung.

Akun Twitter bernama @sun-s-k mengunggah beberapa foto yang memperlihatkan ukuran tawon Jepang yang hampir mirip burung gelatik. Tawon ini hanya aktif pada Agustus - Oktober dan akan keluar di bulan April, kemungkinan tawon tersebut adalah ratu.

Tak hanya ukurannya yang besar, tawon Jepang dikatakan juga sangat berbahaya karena sengatannya bisa terasa seperti jarum panas yang menusuk kulit.

Selain itu, dalam jarum tersebut juga terdapat zat Mandaratoksin atau racun yang mampu melumpuhkan syaraf atau neurotoksin yang bisa mengakibatkan gagal ginjal dalam jumlah yang parah.

Salah satu korban yang terkena gigitan tawon Jepang kini harus selalu rutin melakukan cuci darah untuk mencegah dampak yang mematikan. Luka bekas tawon ini juga seperti tertembak peluru sehingga sebaiknya segera dijahit.

Tawon-tawon ini terdapat di kawasan Asia Tenggara, China, Korea dan Nepal. Biasanya dapat ditemui di daerah pegunungan.
(mks)
Komentar