3 Langkah Menghindari Radiasi Ponsel

Jum'at, 22 April 2016 12:00
3 Langkah Menghindari Radiasi PonselIlustrasi @topmobiletrends.com
Ponsel adalah salah satu perangkat yang disebut mempunyai radiasi sangat berbahaya bagi tubuh. Namun, penjelasan ilmiah yang membuktikan kebenaran anggapan tersebut masih belum jelas menurut Australian Radiatoin Protection and Nuclear Safety Agency (ARPANSA).

Namun, ARPANSA tidak menyangkal adanya kemungkinan bahaya tersebut yang tidak bisa dianggap sepele. Lembaga tersebut juga memberikan beberapa tips agar pengguna tidak terpapar radiasi ponsel.

1. Jaga Jarak

Menjaga jarak ponsel dengan tubuh tentu mampu memperkecil risiko paparan radiasi. Beberapa cara untuk menjaga jarak yang bisa dilakukan misalnya;

- Lebih baik SMS daripada telepon
- Menggunakan loudspeaker
- Menempelkan ibu jari di antara ponsel dan telinga saattelepon

2. Waktu

Paparan radiofrekuensi elektromagnetik tentu akan berdampak cukup besar jika tubuh terpapar dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, disarankan agar Anda mengurangi waktu paparan ponsel ataupun melakukan panggilan suara.

3. Daya

Transmisi yang terlangsung antara ponsel dan base station yang area penerimaannya baik biasanya lebih rendah dibanding di daerah dengan penerimaan buruk, seperti di dalam lift. Anda bisa membatasi daya yang digunakan ponsel dengan cara menggunakannya di area sinyal yang baik.
(mks)
Komentar