Microsoft Sudahi Produksi Xbox 360

Kamis, 21 April 2016 20:45
Microsoft Sudahi Produksi Xbox 360Xbox 360 @geekwire.com
Microsoft meluncurkan kabar buruk bagi penggemar konsol Xbox 360. Perusahaan yang dipimpin Satya Nadella ini memutuskan untuk berhenti memproduksi Xbox 360 yang telah diperkenalkan 10 tahun lalu.

Kepala Divisi Xbox Microsoft, Phil Spencer mengatakan, "Xbox 360 punya arti bagi banyak orang di Microsoft. Dan sementara kami telah menjalankan hal yang luar biasa, kenyataan produksi sebuah produk yang lebih dari satu dekade mulai melambat bagi kami."

Stop produksi ini dikarenakan Xbox sudah mengalami penurunan penjualan yang sangat drastis. Selain Xbox, konsol lain seperti PS 3 juga mengalami kondisi serupa.

Dengan alasan itulah Microsoft memutuskan untuk berhenti produksi dan hanya akan menjual stok yang sudah tersebar di beberapa negara. Meski demikian, Microsoft akan tetap memberikan dukungan terhadap konsol tersebut.

Pengguna Xbox 360 nantinya juga masih bisa menerima layanan Xbox Live dan akses ke aplikasi yang sudah ada. Game yang bisa dimainkan di konsol ini juga akan tetap tersedia di toko retail dan maupun online.

"Terima kasih Xbox 360, kami mengevolusi Xbox Live dari Xbox orginal dan mendorong tumbuhnya komunitas game online pada hari ini," tulis Spencer.

Di sisi lain, Microsoft mengaku bangga atas prestasi Xbox 360 yang selama diluncurkan telah ada lebih dari 78 miliar jam game yang telah dimainkan di konsol tersebut. Aplikasi yang berjalan di Xbox 360 juga sudah mencapai 25 miliar jam.

Perangkat ini sudah terjual sebanyak lebih dari 80 juta unit. Menariknya, game Xbox 360 juga masih bisa dimainkan di Xbox One sehingga pengguna tak perlu kecewa akan kehilangan game kesayangan mereka.
(mks)
Komentar