Bioo Lite, Charger yang Pakai Fotosintesis Sebagai Energi

Kamis, 21 April 2016 19:00
Bioo Lite, Charger yang Pakai Fotosintesis Sebagai EnergiBioo Lite @myinforms.com
Perusahaan teknologi asal Barcelona, Arkyne Technologies memperkenalkan teknologi yang sangat menarik, sebuah charger smartphone bentuk pot yang memanfaatkan proses foto sintesis sebagai sumber tenaganya.

Dengan kata lain, charger bernama Bioo Lite tersebut sama sekali tidak memerlukan colokan listrik atau hal lain yang berhubungan dengan listrik, melainkan hanya tanaman.

Perusahaan mengatakan jika Bioo Lite akan menangkap energi hasil fotosistesis yang selanjutnya dikonversi menjadi energi baterai smartphone. Pengguna hanya tinggal mencolokkan USB kepada port yang telah tersedia di pot canggih itu.



Selain itu, charger ramah lingkungan ini diklaim mampu melakukan tiga kali pengisian dalam sehari. Pengisian juga bisa dilakukan kapan saja, baik siang hari maupun malam hari. Namun, charger ini memiliki output cukup kecil, tegangan 3,4 volt dan arus 0,5 ampere.

Lebih lanjut dijelaskan, tanaman yang ada dalam charger bentuk pot itu akan menghasilkan energi listrik yang berbeda. Artinya proses pengisian juga tergantung pada tanaman yang tumbuh di atas charger.

Charger berukuran 21 x 11 x 11 cm ini bisa dipesan melalui proyek penggalangan dana di Indiegogo dengan biaya USD 112 atau sekitar Rp 1,4 juta. Sementara target dana yang diperlukan adalah USD 17.000 atau Rp 223 juta.

(mks)
Komentar